Minggu, 01 Februari 2015

Cara Membuat Backlink Alami (natural)

Artikel Cara Membuat Backlink Alami (natural) ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya yaitu Mendapat Backlink Alami dari Blog Review yang telah saya buat sebelumnya. Namun sebelumnya saya jelaskan bahwa backlink alami di sini bukan dalam arti sebenarnya (benar-benar secara alami atau natural). Mengapa? Karena kita sengaja menciptakan atau membuat tautan tersebut.

Backlink alami adalah orang lain yang membuat link ke blog atau artikel kita, tanpa kita minta atau ketahui. Sebagai contoh, kita mencantumkan wikipedia dalam artikel sebagai sumber, referensi atau kutipan. Apakah wikipedia meminta? Tentu tidak, justru kita yang memberi backlink kepada si Wiki. Kalau backlink semacam ini sangat sulit mendapatkannya, tapi bukan berarti tidak bisa.

Cara Membuat Backlink Alami (natural)
image: lentera SEO
Anggap saja kita ingin mendapat backlink natural, jika blog atau artikel kita "luar biasa" mungkin akan didapat dari blogger yang punya etika. Tapi bagaimana jika sebaliknya meskipun ada yang copas tapi tidak mencantumkan link sumber dari kita? Padahal kita ingin dapat backlink natural. Tentu kita harus punya trik, yaitu tukar menukar artikel. Cara ini lebih alami daripada tukar menukar link.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, saya menganggap backlink artikel lebih berbobot daripada link yang berada di sidebar, footer bahkan header. Artikel adalah nyawa sebuah blog. Situs atau blog tanpa artikel atau isi, ibarat mayat hidup, Google pun memperingatkan jika ingin submit URL situs dalam kondisi normal (meski hanya 1 artikel)

Cara Membuat Backlink Alami (natural)


Ini cara saya mendapatkan atau membuat backlink seperti natural (alami) entah setuju atau tidak terserah Anda. Melakukan blog review yaitu mengulas blog, artikel atau produk dengan memberi link aktif ke blog tersebut. Dan sebaliknya, blog yang di-review juga me-review blog kita. Dengan demikian, kita akan mendapat (seolah-olah) backlink natural.

Jikalau kita sulit membuat atau tidak mengetahui "anchor text" yang diinginkan, atau sebaliknya ada di pihak yang ingin tukar menukar artikel, kita buat artikel sendiri, entah berisi ulasan homepage atau artikel lengkap dengan judul, link dsb (artikel seo) kemudian kita tukar dengan pihak lain. Jadi kita tinggal upload/publish artikel tersebut. Sarana penukaran bisa lewat email.

Memang sedikit merepotkan, namun kita akan mendapat sebuah backlink natural dari blog lain di artikelnya, dengan jumlah link yang bisa bertambah (jika ada di most article atau populer article) seiring update artikel oleh pemilik blog.

Keuntungan 
  1. Yang pasti dapat backlink
  2. Untuk yang sulit atau malas membuat artikel sekaligus update blog, cara ini bisa mengatasi
  3. menambah teman sesama blogger
  4. saling berkunjung (meski cuma mengecek) 


Cara Membuat Backlink Alami - Kanal Informasi