Selasa, 07 Oktober 2014

Template SEO Friendly

Jika kamu akan mencari template seo friendly berarti kamu salah masuk. Artikel ini aku buat untuk merenungkan apa maksud arti template seo friendly. Tutup atau lanjutkan membaca jika tertarik.

Template blog atau ada yang menyebutkan tema (theme) adalah desain, struktur, tampilan sebuah website atau blog dengan menggunakan bahasa (kode) pemogramanan website seperti HTML, php, css, dll. Tujuannya adalah agar apa yang kita unggah entah itu tulisan, foto, video, atau yang lainnya ke internet dapat dilihat, dibaca pengunjung internet dengan baik dan nyaman dengan bantuan aplikasi peramban (browser).

Coba buka sebuah website, terus klik kanan pilih lihat sumber laman (view page source). Itulah tampilan aslinya dan terlihat hanya tulisan dan kode yang nggak enak untuk dibaca. Website yang tampak di Mozilla, opera, chrome, IE, opera, dll, merupakan hasil dari kode-kode tersebut.

Sedangkan SEO (search engine optimize) adalah pengoptimasian mesin pencari artinya melakukan optimasi agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. Terus, friendly bisa diartikan bersahabat, teman akrab.

Nah, pengertian template SEO friendly dapat disimpulkan: desain, struktur, tampilan sebuah website atau blog yang bersahabat dengan mesin pencari. Kamu tentunya paham bagaimana jika punya seorang sahabat, bukan?

Template SEO Friendly

Bagaimana Ciri Template SEO Friendly itu ?

Aku bukan perancang template apalagi master SEO, ciri-ciri Template SEO Friendly menurut master SEO yang aku tulis dengan gayaku, adalah:
  • Terstruktur yang baik dan rapi. Ibaratkan saja blog itu sebuah rumah, kalau rumah yang baik tentu ruangan-ruangan tertata rapi nggak campur aduk. Bayangkan kamar mandi ada di depan sedangkan ruang tamu ada dibelakang atau ruang tidur sekaligus dapur. Selain nggak bagus, tamu bisa bingung.
  • Mesin pencari punya robot yang akan bertamu ke rumah kita (website) dan sebagai tamu yang baik tentu si robot akan berada di beranda terlebih dahulu, kemudian masuk ke ruang tamu, jika mau makan diajak ke ruang makan, jika menginap disiapkan kamar tidur. Demikian halnya dengan website, header dikunjungi pertama kali oleh robot,kemudian konten blog, terus ke sidebar, dst.
  • Bayangkan sekali lagi, jika rumah nggak ada ruang-ruang, apalagi jendela, hiasan, dll. Bisa dianggap sebuah gudang. Harus ada penanda atau ciri khusus agar tamu terkesan atas rumah kita. Pasang tag khusus di template website seperti H1, H2, bold, strong, underline, dsb.
  • Bila ada tamu datang kemudian mengucapkan salam atau memencet bel, tuan rumah santai saja mempersilahkan masuk, apa yang terjadi? Sebagai tuan rumah yang baik, segera mempersilahkan tamu masuk. Hal yang sama jika robot mesin pencari berkunjung. Buat website yang Fast Loading. Artinya saat pembukaan website, cuma hitungan detik saja nggak pakai lama.
  • Membangun sebuah rumah sebaiknya sesuai standar baik dari segi bahan bangunan maupun kontruksi. Hal ini untuk mencegah terjadi sesuatu yang buruk .Seperti halnya template, valid html, css sebaiknya diikuti untuk menghindari kemungkinan yang tidak kita duga. Bisa saja blog berjalan mulus di mozila tapi kacau di IE atau mungkin beberapa mesin pencari tidak bisa membaca kode website.
  • Responsive. Kalau yang ini nggak ada hubungan dengan template seo friendly karena dirancang untuk memudahkan pembaca/pengunjung blog, bukan untuk mesin pencari.

Perlukah template seo friendly?

Aku baik bertanya, apakah dengan memakai template seo friendly pasti akan mendapat posisi yang bagus di SERP? Aku jawab sendiri TIDAK. Template adalah salah satu pendukung SEO, masih banyak lagi faktor-faktor lainnya.

Aku sering melihat website yang loading-nya lama tapi ada di tiga besar hasil mesin pencarian. Blog yang membuat aku pusing membacanya ada di halaman awal Google. Banyak website besar yang tidak valid HTML. Nah bingung kan?

Namun, bagiku dengan jika menggunakan template seo friendly setidaknya tugas meng-seo-kan blog dapat terbantu secara otomatis dan aku bisa berkonsentrasi yang lain. Ini pendapatku, terserah kamu.

Maaf jika kamu terlanjur membaca tulisan yang gak bermutu ini. Jika ingin mencari template coba search google saja, pasti nemu banyak kok. Gunakan kata kunci “template seo friendly”