Jumat, 06 Mei 2016

Memilih Universitas Terbaik Di Jakarta

Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia yang memiliki ragam kehidupan dan kegiatan yang lebih komplek dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Jakarta sebagai kota pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan pusat berbagai bidang termasuk pusat pendidikan. Universitas Indonesia yang merupakan perguruan tinggi terbesar, tertua dan terbaik di Indonesia berada di Jakarta (sekarang kantor pusat dipindahkan ke Depok). Selain perguruan tinggi, banyak sekolah-sekolah berkualitas di Jakarta baik itu yang dikelola pemerintah, swasta maupun asing (international School) mulai dari PUD hingga SMA. Lokasi Jakarta yang strategis memiliki peranan penting untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Memilih Universitas Terbaik Di Jakarta


Memilih Universitas terbaik di Jakarta tentu menjadi idaman setiap siswa menengah yang ingin meneruskan belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyaknya perguruan tinggi di Jakarta bisa saja membuat bingung siswa karena akan mempengaruhi masa depan. Apalagi saat ini banyak promosi maupun berita tentang perguruan tinggi yang semakin bertebaran baik itu secara offline maupun online.

Untuk itu, Kanal Informasi mencoba memberi beberapa tips untuk memilih universitas terbaik di Jakarta secara khusus.

Tips Memilih Universitas Terbaik Di Jakarta

Bagi siswa yang berada di luar Jakarta harus benar-benar siap dengan situasi dan kondisi Kota Jakarta. Biaya hidup di kota Jakarta termasuk tinggi. Jika berkeinginan kuliah di salah satu universitas yang dianggap terbaik di Jakarta, pertimbangkan tempat tinggal (pemondokan/kos). Jika sekitar kampus dirasa cukup mahal dan memilih yang agak jauh, kalkulasi biaya transportasi dan waktu. Beruntung jika memiliki sanak saudara yang tinggal tidak jauh dari tempat kuliah.

Pastikan memiliki minat untuk kuliah pada program studi yang benar-benar menjadi pilihan sendiri. Saat ini biaya kuliah cukup mahal baik itu negeri maupun swasta, apalagi jika berasal dari luar Jakarta, Untuk itu seleksi dengan benar universitas terbaik yang menyediakan program studi yang diminati karena dapat mempengaruhi karir di masa depan. 

Lihat reputasi universitas yang akan menjadi pilihan. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bila kuliah di universitas terbaik di Jakarta yang memiliki reputasi yang bagus. Namun perlu diperhatikan status akreditasi pada program studi yang diselenggarakan. Reputasi universitas bukan segalanya, jika program studi yang dipilih masih memiliki akreditasi rendah. Selain itu, apakah universitas tersebut menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam atau luar negeri, dan kerja sama dengan perusahaan yang memberi kemudahan kerja setelah selesai kuliah, seperti di Universitas Mercu Buana Jakarta.

Tidak kalah penting adalah proses belajar karena program studi dapat bermacam-macam cara untuk menyampaikan materi kuliah seperti lebih banyak teori, praktek atau sering mendatangkan dosen tamu ahli. Juga fasilitas-fasilitas penunjang perkuliahan seperti ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, kantin, internet  dan yang lainnya.

Tentu saja masih banyak pertimbangan memilih universitas terbaik di Jakarta yang dapat Anda cari di internet, bertanya kepada alumni maupun mahasiswa yang kuliah di tempat tesebut.

Memilih Universitas Terbaik Di Jakarta - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...