Selasa, 25 Juli 2017

Sejarah Asal-usul Emoticon

Emoticon mengacu pada simbol atau lambang untuk mengungkapkan luapan perasaan. Emoticon merupakan kombinasi simbol- simbol berbentuk teks tertulis yang disusun dari karakter ASCII. Istilah emoticon berasal dari dua kata emotion/emotional (emosi/emosional) dan icon (ikon/lambang). Sebagian orang, menyebut emoticon dengan istilah smileys (berasal dari kata smile yang berarti senyum).

Apakah Emoticon Itu

Sejarah Asal-usul Emoticon

Awalnya simbol atau lambang emoticon disinyalir dibuat pertama kali pada April 1857 pada buku "National Telegraph Review and Operators Guide" yang diterbitka di Amerika Serikat. Dalam buku tersebut, penulis mengungkapkan kata "love and kisses" menggunakan simbol- simbol seperti kode morse.

Namun emoticon menjadi sangat terkenal sekitar tahun 1963 setelah seorang seniman asal Massachusetts Amerika Serikat Harvey Ball, menciptakan simbol "smiley" yang sangat simpel namun menarik dan lucu.

Simbol "smiley" tersebut berupa sebuah wajah berupa lingkaran berwarna kuning, dengan dua titik hitam yang menggambarkan dua mata, serta di bawahnya terdapat garis lengkung ke atas yang menggambarkan bibir sedang tersenyum. 

Dalam perkembangannya, "smiley" menjadi representasi grafis dari emoticon, sehingga terkadang banyak orang menyebut emoticon dengan nama smiley.

Sekitar tahun 1980-an, Scott E. Fahlman, seorang Profesor dari Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh Amerika Serikat, menggunakan emoticon untuk pertama kalinya dalam sebuah pesan elektronik melalui jaringan komputer.

Sang Profesor menggunakan tanda atau simbol tertentu agar pesan online yang disampaikan tersebut apakah serius atau santai. Simbol-simbol awal tersebut adalah:  :-( untuk pesan tulisan yang harus ditanggapi secara serius dan :-) sebagai tanda bahwa bagi tulisan tersebut santai (lelucon).

Simbol-simbol tersebut akhirnya menyebar dan banyak digunakan di lingkungan kampus dan Universitas Stanford pun menerapkan tanda atau simbol pada pesan online tersebut.

Bukan hanya simbol serius atau santai saja, perusahaan Xerox mengembangkan simbol-simbol tersebut dengan menciptakan emoticon- emoticon baru.

Sejak saat itu penggunaan simbol atau lambang emoticon semakin tersebar dan terkenal setelah komputer dan jaringannya mulai banyak dikenal orang.
Contoh beberapa penulisan Emotion (emosi) berdasarkan karakter  ASCII

Universal Emotion

:-) atau :) = Senang / tersenyum.
 :-( atau : ( = Sedih / kecewa
: - 0 atau : - o = Terkejut/ heran
 :- @ = Berteriak
:- < = Sedih sekali
 :- || = Marah
:-D = Tertawa
 :’-( = Menangis
;-) = Berkedip
 %-) = Bahagia --bingung
%-( = Sedih –bingung
 :- / atau :- \ = Pikir-pikir
: P = Meledek


Sejarah Asal-usul Emoticon - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...