Senin, 04 September 2017

Jenis Tenaga Kesehatan

Tenaga kesehatan merupakan  orang yang mengabdikan diri dalam kesehatan, serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Istilah tenaga medis atau tenaga kesehatan tentu tidak asing lagi.Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan terlepas dari individu-individu sumber daya manusia dalam bidang kesehatan itu sendiri.


Pengertian Tenaga Kesehatan dan Jenisnya

Tenaga Kesehatan

Menurut World Health Organization (WHO), pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan adalah semua orang yang kegiatan pokoknya ditujukan untuk meningkatkan kesehatan.

Tenaga kesehatan strategis di sini merupakan tenaga kesehatan yang mempunyai peran yang besar bagi pelayanan kesehatan. Unsur-unsur dalam kesehatan meliputi tenaga kesehatan itu sendiri, sumber daya pengembangan dan pemberdayaan tenaga kesehatan, serta penyelenggaraan pengembangan dan pemberdayaan SDM.

Beberapa macam jenis tenaga kesehatan dan profesinya, antara lain:
  • Tenaga medis (dokter dan dokter gigi), 
  • Tenaga keperawatan (perawat dan bidan), 
  • Tenaga kefarmasian (apoteker, analis farmasi, dan asisten apoteker), 
  • Tenaga kesehatan masyarakat (epidemiolog kesehatan, entomolog kesehatan, mikrobiolog kesehatan, penyuluh kesehatan, administrator kesehatan, dan sanitarian),
  • Tenaga gizi (nutrisionis dan dietisien), 
  • Tenaga keterapian fisik (fisioterapis, okupasiterapis, dan terapis wicara)
  • Tenaga keteknisian medis (radiografer, radioterapis, teknisi gigi, teknisi elektromedis, analis kesehatan, refraksionis optisien, otorik prostetik, teknisi transfusi, dan perekam medis). 



Pengertian Tenaga Kesehatan - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...