Kamis, 02 Agustus 2018

Seni Sebagai Disiplin Ilmu

Seni merupakan sesuatu yang menstimulasi pikiran, emosi, keyakinan, atau gagasan individu melalui indra. Dengan demikian, seni dapat dimaknai sebagai beragam kegiatan dalam mengekspresikan ide imajinatif kreatif dan keterampilan manusia, yang bertujuan untuk dihargai karena keindahan atau kekuatan emosionalnya.

Karya seni biasanya berbentuk visual atau pertunjukan dapat secara eksplisit dibuat untuk tujuan tertentu atau ditafsirkan berdasarkan gambar atau benda yang dihasilkan oleh keterampilan dan imajinasi kreatif manusia.


Pengertian Seni


Seni sebagai disiplin ilmu 

Meskipun definisi seni banyak diperdebatkan dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, namun deskripsi secara umum tentang seni menyebutkan ide keterampilan imajinatif atau teknis yang berasal dari manusia dan penciptaan. Dalam pengertian seni dapat merujuk pada beberapa hal:
  • studi tentang keterampilan kreatif, 
  • suatu proses menggunakan keterampilan kreatif, 
  • suatu produk keterampilan kreatif, 
  • pengalaman audien dengan keterampilan kreatif. 
Seni sebagai disiplin ilmu (seni kreatif) adalah kumpulan disiplin yang menghasilkan karya seni (seni sebagai objek) yang didorong oleh dorongan pribadi (seni sebagai aktivitas) dan menyampaikan pesan, suasana hati, atau simbolisme untuk penafsiran (seni sebagai pengalaman).

Sifat seni dan konsep terkait, seperti kreativitas dan interpretasi, di eksplorasi dalam cabang filsafat yang dikenal sebagai estetika.

Bentuk kegiatan seni yang paling umum adalah produksi karya seni (musik, teater, film, tari, puisi, dan lainnya), kritik seni, studi tentang sejarah seni, dan penyebaran estetika seni.




Seni sebagai disiplin ilmu - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...