Minggu, 23 September 2018

Seni Digital

Istilah 'seni digital' pertama kali digunakan pada sekitar tahun 1980-an berkaitan dengan menggambar menggunakan komputer yang kemudian berkembang menjadi sebuah aplikasi.

Seni Digital

Cara menggambar lewat komputer merupakan metode pembuatan karya seni yang cocok untuk format multimedia karena dapat dilihat dengan berbagai cara, termasuk di TV, film dan tentu saja di komputer.

Penggabungan antara seni dan teknologi ini akhirnya muncul istilah seni digital yang memungkinkan banyak cara baru untuk membuat karya seni.

Perkembangan seni digital tidak terlepas dari Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC yang merupakan komputer pertama, diciptakan untuk keperluan militer pada tahun 1940-an. Namun, seniman pertama mulai mengeksplorasi seni dengan komputer dan teknologi di akhir 1950-an dan awal 1960-an.

Salah satu karya seni pertama yang benar-benar merupakan digital arts, diciptakan pada tahun 1967 oleh orang Amerika, Kenneth Knowlton dan Leon Harmon. Keduanya bekerja sebagai insinyur di Bell Laboratories, sebuah perusahaan penelitian ilmiah Amerika yang bertanggung jawab untuk mengembangkan berbagai teknologi revolusioner termasuk laser.

Mereka mengambil foto seorang wanita tanpa busana dan mengubahnya menjadi gambar yang terdiri dari pixel-pixel komputer, berjudul Computer Nude (Studies in Perception I) . Pixel adalah salah satu elemen kecil dari suatu gambar; ketika banyak piksel digabungkan, akan dapat membuat gambar yang lebih besar dan lengkap.

Sumber: Pengertian seni digital



Pengertian Seni Digital dan perkembangannya.

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...