Kamis, 02 Juli 2020

5 Fakta Mengapa Tikus Hewan yang Sulit Dikendalikan

Bagi sebagian orang, tikus merupakan jenis hewan penganggu yang sangat sulit untuk dikendalikan. Tubuhnya yang kecil menjadikan tikus menjadi hewan yang gesit serta cerdik untuk bersembunyi dan kabur. Beberapa informasi berikut akan membahas mengenai 5 fakta mengapa tikus menjadi hewan yang sulit dikendalikan. 


Tikus Hewan yang Sulit Dikendalikan


5 Fakta Mengapa Tikus Hewan yang Sulit Dikendalikan 


1.Tikus memiliki tubuh yang fleksibel

Bentuk tubuh tikus yang panjang serta cenderung berbentuk seperti silinder menjadi alasan utama kenapa tikus bisa masuk rumah Anda dengan mudah. Tubuh tikus yang fleksibel memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal seperti berlari di lorong-lorong dan melalui ruang yang sempit, melompat, memanjat hingga menyelinap ke celah terkecil.

2.Tikus berkembang biak dengan cepat

Salah satu penyebab mengapa tikus dapat berkembang biak dengan cepat adalah kemampuan tikus untuk mencapai tingkat kematangan seksual dalam waktu yang cukup singkat - tikus jantan (10-12 minggu) dan tikus betina (8-9 minggu). Ini menunjukkan bahwa suatu populasi tikus dapat membengkak secara cepat dari hanya dua ekor tikus menjadi sekitar 1.250 dalam satu tahun. Fakta yang lebih mengejutkan lagi, sepasang tikus mampu memproduksi sekitar 2.000 anak.

3.Tikus memiliki ingatan yang sangat baik

Tikus termasuk binatang yang memiliki pengelihatan yang sangat buruk. Namun, siapa sangka jika tikus adalah hewan pintar yang dilengkapi dengan ingatan yang luar biasa? Melalui ingatannya yang tergolong istimewa ini, tikus secara mudah mengingat dan memetekan ruangan serta semua rute yang mereka sudah lewati dalam waktu yang lama.

4.Tikus adalah pemakan segala

Makanan yang disukai tikus sangat tergantung pada dimana tempat tinggal tikus dan jenis tikus itu sendiri. Meskipun demikian, tikus sebagai hama dikenal sebagai hewan omnivora dan pemakan oportunistik. Para tikus akan memakan apapun yang mereka dapatkan, termasuk makanan yang juga dikonsumsi oleh manusia.

5.Tikus suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia

Tikus tergolong hewan yang pemalu dan lebih aktif di malam hari (nokturnal). Inilah sebabnya kenapa tikus suka bersembunyi dimana tempat-tempat tersebut tergolong gelap dan hangat di dalam rumah Anda. Tikus membangun sarangnya di dalam rumah Anda dengan cara mengumpulkan serta merobek-robek bahan-bahan lunak yang dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan rumah Anda, seperti kain, kardus, dan kertas. Pada umumnya, jenis tikus rumah akan memilih untuk bersarang di tempat-tempat yang cukup sulit dijangkau oleh manusia.

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...