Minggu, 09 Agustus 2020

Mengejutkan, Asteroid Sebesar WTC Berkecepatan Tinggi Mengarah ke Bumi

Beberapa bulan terakhir ini NASA berhasik mendeteksi keberadaan beberapa asteroid yang mengarah ke Bumi. Terbaru, NASA kembali menemukan keberadaan asteroid yang diprediksi sebesar gedung World Trade Center sedang mengarah ke Bumi dalam kecepatan yang sangat tinggi. 


Asteroid Mengarah ke Bumi


Jika sebelumnya beberapa asteroid yang diprediksi mendekati bumi diklaim tidak akan membahayakan dan tidak akan menabrak bumi, tapi asteroid yang terakhir justru perlu diwaspadai.

Asteroid yang diprediksi sebesar WTC di New York ini diberi nama 2020 DR2 dan pertama kali ditemukan pada 20 Februari 2020 lalu.

Penemu pertama asteroid ini adalah Planetary Defense Office yang merupakan bagian dari European Space Agency (ESA). Berdasarkan keterangan dari sejumlah ilmuwan, diprediksi kalau asteroid sebesar WTC ini memiliki ukuran 600 meter.

Berdasarkan prediksi para ilmuwan, besar kemungkinan asteroid sebesar WTC tersebut akan menabrak Bumi pada tahun 2081 mendatang. Sebelum waktu itu tiba, asteroid sebesar WTC ini juga berpotensi kecil menabrak bumi pada tahun 2074 mendatang sebelum tabrakan puncak pada tahun 2081.

Karena dianggap cukup berpotensi untuk menabrak bumi, asteroid sebesar WTC ini langsung dimasukkan ke dalam puncak daftar resiko objek luar angkasa yang berbahaya bagi Bumi.

Daftar resiko objek luar angkasa yang berbahaya bagi bumi ini biasanya hanya berisi rating nol yang berarti objek luar angkasa tersebut tidak memiliki kemungkinan untuk menabrak Bumi.

Mengejutkan saat 2020 DR2 ini tiba-tiba menempati di puncak daftar tersebut dengan rating satu dalam Torino Scale. Rating ini cukup tinggi, namun belum bisa dianggap paling berbahaya karena rating 10 dalam Torino Scale adalah yang paling tinggi.

Rating satu untuk asteroid sebesar WTC ini menunjukan bahwa objek ini bukanlah sesuatu yang membahayakan. NASA mengklaim bahwa resiko tabrakan masih sangat kecil dan warga tidak perlu khawatir.

Sampai saat ini para ilmuwan terus melakukan observasi pada asteroid sebesar WTC ini. Diharapkan rating satu dalam Torino Scale ini bisa turun menjadi rating nol sebagai tanda bahwa asteroid ini tidak akan menabrak bumi.


Asteroid Berkecepatan Tinggi Mengarah ke Bumi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...