Rabu, 09 Desember 2020

Fakta Menarik Gunung Fuji yang Jarang Diketahui Orang

Siapa yang tak kenal dengan gunung Fuji di Jepang ini. Keindahan dan kemegahannya membuat orang yang memandangnya terkagum-kagum akan sosoknya yang begitu menarik. Sosoknya yang gagah sekaligus cantik saat ditutupi salju menjadikan gunung Fuji sebagai ikon bagi negara Jepang. 


Fakta Menarik Gunung Fuji


Fakta Menarik Gunung Fuji


Jika yang Anda tahu gunung Fuji hanyalah simbol dari negeri Jepang, maka pada artikel ini kami akan memberikan 6 fakta menarik mengenai gunung Fuji yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Bukan situs alam melainkan situs budaya

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang berpikir mungkin Gunung Fuji masuk dalam situs alami. Padahal, UNESCO telah menempatkan Gunung Fuji sebagai situs warisan budaya. Terdapat 25 situs di sekitar Gunung Fuji yang merupakan kuil dan rumah penginapan.

2. Terdapat 3 gunung berapi

Tak banyak yang tahu jika sebenarnya Gunung Fuji terdiri dari tiga gunung berapi terpisah: Komitake di bagian bawah, Kofuji di tengah dan Fuji di bagian atas.

3. Wanita dilarang mendaki Gunung Fuji hingga tahun 1868

Karena beberapa warga lokal ada yang menganggap gunung ini sakral, maka wanita tidak boleh menginjakkan kakinya di Gunung Fuji hingga 1868. Pendaki wanita pertama Gunung Fuji adalah Lady Fanny Parkes, istri seorang duta besar Inggris, Sir Harry Parkes, yang mana mendaki pada tahun 1869.

4. Butuh 8 jam menuju puncak

Butuh waktu delapan jam untuk sampai ke puncak, tetapi hanya tiga jam untuk menuruni gunung indah ini. Pendakian Gunung Fuji hanya bisa dilakukan pada Juli hingga September, jadi pergilah ke Jepang di musim panas jika Anda ingin melakukan pendakian di gunung yang menawan ini.

5. Gunung berapi masih aktif

Bentuk kerucut keseluruhan yang bisa Anda saksikan sekarang ini terbentuk dari empat fase diidentifikasi sebagai aktivitas gunung berapi di Gunung Fuji.

6. Masih berpotensi meletus

Meskipun klasifikasi sebagai gunung berapi berisiko rendah, bukti terbaru menunjukkan bahwa tekanan di bawahnya naik setelah gempa bumi dan tsunami 2011 yang menghancurkan Jepang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena aktifitas dari gunung Fuji terus dipantau oleh tim Geologi di Jepang.


Fakta Menarik Gunung Fuji

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...