Kamis, 24 Oktober 2013

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang terbukti dengan banyaknya prestasi yang telah diperoleh. Salah satu sekolah swasta katolik di kota Palembang Sumatera Selatan ini berhasil menoreh beberapa prestasi di tingkat daerah, nasional dan Internasional.



Lebih dari 60 tahun telah ditempuh SMA Xaverius 1 untuk mewujudkan sekolah terbaik. Dengan satu tujuan Pro Ecclesia et xav1 lama Patria (Demi Gereja dan Tanah Air), Frater Monfort, BHK (L. F. J. Nienhuis) pada tanggal 15 Juli 1951 mendirikan sekolah menengah atas tersebut dengan nama SMA Xaverius di Jln. Talang Jawa 4 Palembang (sekarang Jln. Kol. Atmo), dengan pengajaran dibuat terpisah antara siswa putera dan puteri. Tahun 1953, SMA Xaverius pindah lokasi ke Jln. Bangau 60 sampai sekarang.

29 November 1956 mendirikan Ikatan Pelajar SMA Xaverius kemudian diubah nama menjadi Perhimpunan Pelajar Sekolah Katolik (PPSK) SMA Xaverius 1 Palembang sebagai perekat tali persaudaraan antar siswa dan alumni. Untuk media informasi dan komunikasi pada Januari 1957, menerbitkan majalah Gita Pelajar kemudian berganti nama menjadi majalah GITA.

Tahun 1970 dilakukan penggabungan lokasi pengajaran bagian Putra dan Putri menjadi dalam satu sekolah yaitu SMA Xaverius 1 Palembang. Selain itu, di 9 November, Piagam Pengakuan SMA Swasta No. 35/205 Direktorat Pendidikan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat diterima sebagai penerimaan atas nama SMA Xaverius 1 Palembang

Agar menjadi SMA Xaverius 1 sekolah terbaik di Palembang disediakan fasilitas sebagai sarana untuk belajar mengajar maupun ekstrakulikuler sangat lengkap dibanding dengan sekolah lainnya, Seperti: Ruang Kelas, Laboratorium ( Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa, IPS, Komputer dan Seni ), Perpustakaan, Lapangan Olahraga ( Sepakbola, Bola Volly, Basket & Lintasan Lari ), Jaringan Internet dan Hot Spot, Parkir Kendaraan Bermotor, Atrium, Kantin dan Fotocopy, Ruang Pertemuan, Ruang Bimbingan & Konseling, Ruang Ekstrakulikuler, Ruang OSIS / PPSK, Ruang Komite Sekolah, Klinik Kesehatan, Pelayanan Bank, Koperasi.

Kegiatan untuk menampung aspirasi, hobi, latihan siswa tertampung dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti: Basket, Marching Band, Pecinta Alam, PAKAXA, Catur, Gardening, PMR, Komputer Analisis, Teater , Sepak Bola, Koperasi, Jurnalistik.

Prestasi yang telah diraih SMA Xaverius 1 Palembang tidak perlu diragukan lagi. Baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik, baik di tingkat daerah sampai internasional. Konsistensi dengan Visi dan Misi serta harapan Menjadi Unggul dan terus Berprestasi, terus diterapkan oleh SMA Xaverius 1 Palembang sampai saat ini.

Pembenahan kekurangan yang ada, baik itu sarana dan prasarana, administrasi, pendidik, ketenagaan, dan lain-lain, terus dilakukan. Akreditasi A yang telah dimiliki siap menuju Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dan tentunya  mewujudkan SMA Xaverius 1Sekolah Terbaik di Palembang.