Sabtu, 17 Juni 2017

Pengertian Entrepreneur (Wirausaha)

Pengertian Entrepreneur secara umum adalah keinginan dan kemampuan seseorang untuk melakukan perombakan sistem, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses.

Istilah Entrepreneur berasal dari bahasa Prancis, entreprendre yang dapat diartikan sebagai memulai atau berusaha melakukan tindakan. Dalam perkembangannya, istilah ini lebih banyak digunakan dalam dunia ekonomi atau bisnis.

Pengertian Entrepreneur dan Entrepreneurship

Entrepreneur dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan menjadi wirausaha atau wiraswasta. Istilah wirausaha berasal dari 2 kata yaitu kata wira yang berarti berani/pahlawan dan kata usaha.

Sedangkan istilah wiraswasta berasal dari 2 kata yaitu kata wira yang berarti berani/pahlawan dan kata swasta yang berarti berdiri sendiri.

Secara sederhana wirausaha maupun wiraswasta dapat diartikan sebagai seorang yang berani melakukan usaha sendiri.

Dengan demikian kata entrepreneur; wirausaha dan wiraswasta dapat dikatakan memiliki arti yang hampir sama.

Pengertian entrepreneur menurut beberapa ahli

Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz mendefinisikan bahwa Entrepreneur adalah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah lewat usaha, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Arif F Hadipranata berpendapat bahwa entrepreneur adalah sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur bisnis serta menerima keuntungan finansial atau pun non uang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan wirausahawan (terjemahan dari entrepreneur) adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. 

Wikipedia mendeļ¬nisikan entrepreneur adalah seorang yang mampu menciptakan lapangan kerja baru dan mencari cara-cara atau teknik yang lebih baik dalam pemanfaatan sumber daya, memperkecil pemborosan serta menghasilkan barang atau jasa dalam upayanya memuaskan kebutuhan orang lain.

Louis Jacques Filion dalam buku De l'intuition au projet d'entreprise menggambarkan wirausaha sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan.

Joseph Schumpeter seorang ahli ekonomi dari Austria mendeļ¬nisikan entrepreneur adalah seorang yang ingin dan mampu untuk melakukan perombakan sistem ekonomi, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses. Inovasi baru tersebut dapat berwujud:
  1. Produk baru (berupa barang atau jasa); 
  2. Organisasi atau manajemen baru: 
  3. Cara berproduksi yang baru; 
  4. Menggunakan bahan baku yang baru. 
Dengan adanya berbagai inovasi baru tersebut diharapkan dapat menciptakan permintaan baru atau pasar baru.

Frank Knight, menjelaskan bahwa Entrepreneur mencoba untuk menyikapi dan memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan pada peranan seorang wirausaha dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang Entrepreneur disetarakan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan serta pengarahan.



Pengertian Entrepreneur (Wirausaha) - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...