Kamis, 10 Agustus 2017

Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah suatu penjelasan yang cerdas tentang sebab dan asal-usul segala sesuatu atau suatu pengetahuan mendasar tentang bagaimana dan mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi. Istilah mencari kebenaran menunjukkan bahwa sejarah bukan didapat dengan mengumpulkan fakta-fakta saja.

Dalam Al Muqaddimah, dijelaskan bahwa sejarah dari sisi luar adalah rekaman perputaran masa dan pergantian kekuasaan yang terjadi pada masa lampau. Sedangkan sejarah dari sisi dalam adalah suatu studi dan penalaran kritis dan usaha cermat untuk mencari kebenaran.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum pengertian sejarah adalah kisah atau cerita yang berhubungan dengan kejadian masa lalu atau sudah terjadi. Istilah sejarah dalam bahasa Indonesia secara etimologi berasal dari bahasa Arab syajara yang berarti terjadi.
Dalam bahasa Arab sendiri, terdapat kata  syajarah atau syajaratun yang berarti pohon dan syajarah an nasab yang artinya pohon silsilah. Waktu itu, ada kebiasaan menyusun daftar silsilah atau lukisan garis keturunan yang disusun secara sistematis, menyerupai pohon yang lengkap dengan cabang-cabang dan ranting-rantingnya.

Menurut kamus-kamus yang banyak terpakai, pengertian sejarah adalah:
  • Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh W.I.S. Poerwadarminta. Sejarah: (1) kesusasteraan lama: silsilah; asal usul; (2) kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa yang lampau; (3) ilmu, pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa yang lampau; riwayat.
  • Dalam Kamus bahasa Inggris, The Concise Oxford Dictionary,  History: continuous methodical record of public events; study of growth of nations; whole train of events connected with nation, person, thing etc. 
  • Dalam Kamus bahasa Jerman, Deutsches Woterbuch von L. Mackensen 3 Auflage. Geschichte: Vergangengheit; Entwicklung, Werdegang; Erforschung der Vergangenheit.  
  • Dalam kamus bahasa Belanda, Verklarend lumdwoordenboek der Nederlandse Taal, M. J. Koenen — J. Endepols. Geschiedenis: voorval, gebeurtenis; verhaal van hetgeen gebeurd is; vak van wetenschap.

Catatan:
Ibnu Khaldun adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia dan sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiograļ¬, sosiologi, dan ekonomi, mempunyai nama lengkap Abu Said Abd Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al Hadrami al Ishbili yang lahir pada 27 Mei 1332/732H dan wafat pada 19 Maret 1406/808H. Ibnu Khaldun menjalani masa remaja dan belajar hingga usia 20 tahun di kota Tunis, Tunisia. Keluarga Ibnu Khaldun berasal dari wilayah Hadramaut Yaman yang berhijrah sejak perluasan wilayah Islam ke Andalusia dan berdomisili di wilayah Sevilla, Spanyol.



Pengertian Sejarah - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...