Selasa, 19 September 2017

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian organisasi dari para ahli di atas pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki. Secara umum, pengertian organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani “organon” yang berarti alat. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul; bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali; dalam memanfaatkan sumber daya; sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Banyak ahli mencoba membuat definisi untuk memberi gambaran tentang organisasi dalam buku yang mereka buat, yang terkadang berbeda satu dengan yang lainnya, seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama dengan cara mendistribusikan pekerjaan guna mencapai tujuan tertentu. (Schermerhorn, Hunt & Osborn)

Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. (Stoner )

Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. (James D. Mooney)

Organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. (Chester I. Bernard)

Pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar; dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi; yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. (Stephen P. Robbins)

Organisasi dibentuk oleh manusia merupakan jaringan orang-orang, yang berfungsi sebagai agen-agen individu dan berinteraksi satu sama lain secara internal dalam suatu organisasi. Di samping itu, mereka juga berinteraksi secara eksternal dengan agen-agen lain dari organisasi yang berbeda. (StaceyStacey)

Tentu saja, masih banyak Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli lainnya.



Pengertian Organisasi - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...