Minggu, 01 Oktober 2017

Pengertian Seni Rupa dan Macamnya

Pengertian seni rupa secara umum adalah suatu karya seni yang diekspresikan dalam bentuk visual yang dapat dilihat dan disentuh dengan menerapkan nilai estetika.

Seni rupa merupakan bagian seni yang berkaitan erat dengan perkembangan peradaban manusia sehingga antara seni dan peradaban saling memberi dan menerima pengaruh terhadap karya seni rupa tersebut.

Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontemporer

Jenis-jenis Seni Rupa

Berdasarkan waktu, macam jenis seni rupa dibagi menjadi 3 yaitu seni tradisional, seni modern dan seni kontemporer. Klasifikasi seni rupa yang dikategorikan menurut waktu merupakan klasifikasi pokok dalam setiap cabang seni rupa.

Seni Rupa Tradisional 


Seni rupa tradisional adalah seni rupa yang menjaga bagian dari tradisi luhur masyarakat. Seni tradisional biasanya hanya mengacu pada suatu kebudayaan tertentu dan berbeda antara satu dengan yang lain, walaupun terkadang bisa sama karena pengaruh kebudayaan.

Seni tradisional, dapat disebut dengan seni rakyat merupakan bentuk seni yang diproduksi oleh suatu kebudayaan tertentu oleh rakyat jelata, pekerja atau orang lain. Seni tradisional dibuat utamanya untuk kegunaan, lebih dari estetika.

Seni rupa tradisional dipengaruhi oleh keragaman lokasi geografis sehingga keragaman jenis seni tradisional tidak memungkinkan untuk mendeskripsikannya secara keseluruhan.

Seni rupa tradisional sudah ada sejak turun-temurun dan sudah menjadi tradisi di masyarakat. Ciri khas suatu suku atau bangsa bisa dilihat dari seni rupa tradisionalnya.

Ciri khusus 
  1. Bersifat distinktif, antara kebudayaan satu dengan yang lain berbeda 
  2. Mengutamakan kegunaan, lebih dari estetika 
  3. Dianggap naïf karena tidak mengindahkan kaidah seni 
  4. Bersifat impulsif, hanya spontanitas saja 
  5. Tidak terpengaruh aliran dalam akademisi dan ruang lingkup seni murni 
Seni tradisional kian menghilang dikarenakan modernisasi, industrialisasi ataupun pengaruh luar. Hal tersebut dianggap sebagai fenomena bagi kalangan tertentu.

Seni Rupa Modern 


Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak dibatasi oleh suku atau budaya setempat. Seni modern juga dikenal dengan istilah avant-garde merupakan istilah dimana aturan-aturan dalam seni tradisional dikesampingkan dalam rangka mengembangkan ide-ide baru dan semangat percobaan.

Seni modern dapat dirujuk terhadap karya-karya yang tercipta kira-kira dari tahun 1860 sampai 1970 walaupun beberapa ahli tidak setuju. Seni modern mengedepankan ide-ide dan cara berpikir baru terhadap bermacam-macam hal.

Seni rupa modern bersifat universal dan tetap berdasarkan filosofi seni rupa, namun jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas.

Kontribusi terpenting dari bentuk seni modern abad ke-20 adalah ditemukannya abstraksi yaitu seni yang tidak meniru benda-benda, teknik-teknik material artistik dan bahkan ruang lingkup dan definisi dari seni itu sendiri.

Ciri Khusus :
  1. Cenderung terdapat abstraksi
  2. Bahan-bahan pembuatan beragam, tidak terikat hanya pada minyak kanvas.
  3. Merupakan sarana ekspresi diri senimannya 
  4. Tidak mengatasnamakan institusi politik ataupun religius, walaupun ada tapi sedikit 
  5. Selalu mengutamakan orisinalitas 
  6. Terdapat hubungan dengan teknologi modern 

Seni Rupa Kontemporer 


Seni kontemporer atau seni masa kini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mengelompokkan gaya-gaya seni rupa yang sezaman dengan pengamat atau yang menjadi kecenderungan populer dan dipilih oleh para seniman dalam rentang waktu 50 tahun terakhir.

Istilah seni rupa kontemporer merujuk kepada karya-karya seni rupa yang tercipta pada zaman sekarang  yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Seni rupa kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. Misalkan lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu kekinian dan tidak lagi terikat pada aturan Rennaissance atau sejarah seni rupa terdahulu. 

Secara garis besar, seni kontemporer dapat dibagi 2 yaitu pop art dan optic art. 
  1. Pop art Popular art diaplikasikan dalam berbagai hal diantaranya kaleng minuman, bungkus makanan, poster film, komik, mainan, barangbarang industri, dll. 
  2. Optic art Optic art menekankan pada permainan ilusi optic dari mata si pengamat, optic art berkembang pada paruh kedua abad ke-20 

Pengertian Seni Rupa dan Macamnya - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...