Jumat, 17 November 2017

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana atau sering disebut editorial merupakan tulisan redaksi atau pimpinan penerbit media masa yang berisi ekspresi pandangan dan kebijakan penerbit mengenai isu yang aktual dan berkembang di masyarakat. 


Pengertian Editorial (Tajuk Rencana)

Tajuk rencana atau editorial awalnya berarti "artikel surat kabar oleh editor, baik itu berupa tulisan maupun gambar (karikatur)" sesuai dengan pengertian istilah Editorially yang digunakan pada tahun 1802. Dalam perkembangannya, editorial juga dimuat atau ditampilkan di televisi, website dan lain sebagainya.

Penulisan Editorial

Teks tajuk rencana (editorial text) atau  harus ditulis oleh pemimpin redaksi surat kabar atau penerbit sendiri. Jika ditulis oleh orang luar, biasanya akan menimbulkan persepsi bahwa artikel tersebut tidak mencerminkan pandangan resmi penerbit. 

Penulisan editorial (editorial writing) atau tajuk rencana memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berisi opini redaktur tentang permasalahan. Kalimat opini dalam tajuk rencana dapat ditemukan dengan cara mengidentiļ¬kasi kata-kata yang bersifat subjektif, seperti mengandung kata pengandaian, ramalan, dan pertimbangan.
  2. Masalah yang dibahas merupakan masalah yang aktual dan berskala nasional.
  3. Dalam editorial, tajuk rencana atau kolom, redaktur surat kabar menunjukkan sikapnya terhadap permasalahan yang sedang berkembang sehingga secara tersirat akan memunculkan keberpihakan redaktur terhadap pihak tertentu. Pihak yang didukung atau ditentang oleh editor dapat berasal dari rakyat, pemerintah, perusahaan, golongan, organisasi, atau tokoh.


Pengertian Tajuk Rencana - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...