Jumat, 03 November 2017

Pengertian Demokrasi

Pengertian demokrasi adalah suatu negara dengan sistem pemerintahan yang kedaulatannya berada di tangan rakyat. Artinya, kekuasaan tertinggi berada di hasil keputusan rakyat melalui wakil-wakilnya.

Istilah demokrasi berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu "demos" yang berarti rakyat atau penduduk suatu wilayah/negara dan "cratein" atau "cratos" yang memiliki arti kekuasaan atau pemerintahan.

Demokrasi Demokratis Demokratisasi


Demokrasi memiliki pengertian lain sebagai turunan dari pengertian awal demokrasi. Hal ini berkaitan dengan perkembangan politik dan ilmu politik.

Salah satunya adalah demokrasi merupakan paham atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama kepada setiap warga negara tanpa terkecuali.  

Demokrasi merupakan bentuk atau sistem pemerintahan, sedangkan yang merupakan sifat dari bentuk atau sistem pemerintahan (negara) adalah demokratis.

Misalkan negara demokratis bukan negara feodalistis (monarki). Sedangkan orang atau kelompok (organisasi) penganut paham demokrasi disebut demokrat.

Bagaimana dengan demokrasi Indonesia ?



Pengertian Demokrasi - Kanal Info

1 komentar:

Blogger nggak suka spammer...