Sabtu, 11 Agustus 2018

Perkembangan Bisnis Online

Bisnis online menurut beberapa catatan yang ada dimulai pada dekade tahun 1980-an. Bisnis online hadir ketika pertukaran data elektronik mulai dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan transaksi perdagangan secara luas (internasional), terutama impor dan ekspor dari suatu negara ke negara lainnya.

Penggunaan bisnis online ketika itu masih dilakukan secara sederhana dengan menggunakan surat elektronik atau e-mail sebagai ajang promosi, penawaran. Sekarang transaksi bisnis dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli pada lokasi yang berbeda bahkan berjauhan melalui sistem perdagangan online (e-commerce).

Pengertian Bisnis Online

Istilah bisnis online berasal dari gabungan dua buah kata, yaitu bisnis dan Online. Kata bisnis secara umum bisa diartikan kegiatan atau usaha dari seseorang atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan. Secara historis, kata bisnis berasal dari bahasa Inggris, “business” yang memiliki kata dasar “busy” yang artinya "sibuk". Dengan demikian bisnis merupakan semua kegiatan misalkan jual beli, barter, yang bertujuan menghasilkan keuntungan bagi yang menjalankannya.

Pada dekade tahun 1990-an, bisnis online ini semakin berkembang yang dipelopori adanya perusahaan yang membeli barang melalui komputer dalam bentuk CompuServe pada tahun1992. Apalagi setelah dua perusahaan raksasa Amazon dan Ebay yang memanfaatkan website sebagai aktivitas bisnis online dalam perdagangan internasional, impor dan ekspor, pada tahun 1995.

Langkah ini diikuti oleh Infact pada tahun 1999 dengan melakukan penjualan ritel di Internet. Setelah itu bisnis online semakin berkembang, tidak saja di manca negara tetapi juga di Indonesia. Meskipun belum ada catatan pasti tentang bisnis online pertama kali di Indonesia, namun diperkirakan muncul pada dekade tahun 1990-an meskipun dalam kalangan terbatas.

Bisnis online juga semakin diminati karena adanya berbagai faktor berikut.
  • Biaya yang relatif murah. 
  • Akses internet yang semakin mudah diperoleh. 
  • Perkembangan perangkat mobile yang semakin cepat sehingga memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli melalui berbagai gadget maupun smartphone. 


Perkembangan Bisnis Online  - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...