Kamis, 10 Januari 2019

Media Sosial Sumber Penyebaran Hoax

Media sosial yang paling banyak menjadi sarang berita hoax adalah facebook dan twitter. Hal ini disebabkan karena jumlah penggunanya yang banyak, selain itu pembaruan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membagikan berbagai artikel, berita, foto dalam waktu singkat.

Media sosial ibarat pedang bermata dua. Selain dapat banyak bermanfaat akan tetapi dapat pula digunakan untuk menyebarkan hal-hal negatif bagi penggunanya tapi.

Hoax Di Media Sosial


Hoax

Berita hoax di media cetak tidak sebanyak yang ada pada media online. Baca Perbedaan Hoax Dan Fake News. Media sosial online dianggap “distributor”utama penyebaran berita bohong saat ini. Banyak akun-akun di media sosial yang tidak diketahui kredibilitasnya, hampir setiap saat memposting berita-berita yang sumber dan keabsahannya tidak jelas. 

Berita Hoax biasanya menggunakan judul yang menggunakan kata-kata unik untuk menarik pembaca membaca isi dari berita tersebut.

Tujuan dari pembuatan berita hoax adalah untuk membuat masyarakat percaya akan berita atau artikel yang ditulis tanpa mempertimbangkan keaslian dari berita tersebut, sehingga si pembuat berita sengaja untuk tidak mencantumkan sumber berita. Maka pastikan berita yang anda baca berasal dari sumber terpercaya, jika situs tersebut kurang familiar, coba cek bagian profil dari situs tersebut dan telusuri lebih dalam.



Media Sosial Sumber Penyebaran Hoax 

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...