Senin, 18 Maret 2019

Ensiklopedi Sebagai Sumber Rujukan

Ensiklopedi merupakan salah satu bahan pustaka referensi dan memahami informasi berbagai hal setiap cabang ilmu pengetahuan atau tentang bidang tertentu, informasi yang disajikan itu biasanya terdiri dari berbagai artikel maupun subjek yang disusun tertentu dan umumnya disusun alfabetis.


Ensiklopedi Sebagai Sumber Rujukan
Image: www.lenterapedia.com

Karya ensiklopedia ini merupakan sumber Informasi di berbagai bidang yang sekaligus berfungsi untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan teknologi. Disamping itu penemuan teori maupun rumusan yang direkam dalam bentuk sistem rekam yang universal dalam pengembangan bidang intelektual, rekaman ini pun juga berfungsi sebagai induk informasi bidang dokumen ilmiah.

Dengan munculnya revolusi informasi digital, maka muncullah pula ensiklopedia dalam bentuk perangkat lunak dan juga berbasis web. 

Sebuah contoh ialah Encarta, aplikasi ensiklopedia berbasis desktop keluaran Microsoft. Microsoft juga menyediakan Encarta bagi anak-anak dengan nama Encarta Kids dengan tampilan dan bahasa yang lebih menarik. Didalamnya juga terdapat beberapa konten tambahan untuk menunjang materi agar semakin enak untuk dinikmati. 

Selain itu, pada tahun 2001 muncul sebuah ensiklopedia populer di internet yaitu Wikipedia. Wikipedia berusaha menulis sebuah ensiklopedia yang terlengkap dalam semua bahasa di dunia dan menyajikannya secara bebas di dunia maya. 

Ensiklopedia online ini tersaji dalam banyak bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Wikipedia sangat diminati karena kelengkapan informasi dan kebebasan user untuk ikut andil dalam menyumbangkan pengetahuannya ke Wikipedia. 

Pustakawan sebagai penyedia dan pengelola informasi, kini dituntut untuk mampu mengelola dan memadukan koleksi ensiklopedia dari beragam jenis, bahan, dan format. 

Pengetahuan dan pemahaman yang rinci soal koleksi ensiklopedia, sangat membantu dalam usaha memenuhi kebutuhan informasi pemustaka.

Pustakawan akan mampu menunjukkan dengan mudah, sumber-sumber informasi ensiklopedia mana yang memuat atau berisi informasi yang dibutuhkan pemustaka. 

Permasalahan keterbatasan koleksi ensiklopedia yang dimiliki, juga akan sangat terbantu dengan disedihkannya akses internet ke ensiklopedia elektronik yang menganut open access di internet.


Ensiklopedi Sebagai Sumber Rujukan

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...