Rabu, 20 Maret 2019

Ekstrak Meniran Pada Stimuno

Salah satu jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat adalah meniran. Meniran adalah herba yang berasal dari genus Phyllanthus dengan nama ilmiah Phylanthus niruri Linn. Meniran mempunyai manfaat sebagai imunomodulator seperti stimuno untuk balita yaitu obat yang dapat mengembalikan dan memperbaiki sistem imun yang fungsinya terganggu atau untuk menekan yang fungsinya berlebihan.

Ekstrak Meniran Pada Stimuno

Secara klinis imunomodulator digunakan pada pasien dengan gangguan imunitas, antara lain pada kasus keganasan HIV/AIDS, malnutrisi, alergi, dan lain-lain. Sebuah penelitian membuktikan mengenai efek antihyperuricemic ekstrak metanol P. niruri memperlihatkan penghambatan xanthine oxidase secara in vitro dengan IC50 39,39 µg/mL.

Baca penemu khasiat meniran pada stimuno

Tumbuhan meniran secara kimia dicirikan antara lain oleh kandungan senyawa turunan lignan, alkaloid, flavonoid, dan triterpenoid. Lignan, secara biogenetik adalah produk kombinasi antara dua unit fenilpropan turunan asam sinamat, C6-C3.

Dari berbagai jaringan tumbuhan meniran telah berhasil ditemukan senyawa-senyawa lignan, dari jenis dibenzilbutan, aril tetralin, dibenzilbutirolakton, dan jenis neolignan (Syamsul, et al).
  • Lignan berupa zat padat hablur tanpa warna yang menyerupai senyawa aromatik sederhana yang lain dalam sifat kimianya. 
  • Lignan tersebar luas di dunia tumbuhan, terdapat dalam kayu, daun, eksudat, damar, dan bagian tumbuhan lain.
  • Lignan terkadang dijumpai sebagai glikosida.
  • Lignan digunakan sebagai antioksida dalam makanan. 
  • Lignan juga merupakan kandungan kimia yang aktif dalam tumbuhan obat tertentu. 
  • Lignan dapat diekstraksi dengan aseton atau etanol dan seringkali diendapkan sebagai garam kalium yang sukar larut.

Herba meniran secara tradisional dapat digunakan sebagai obat radang ginjal, radang selaput lendir mata, virus hepatitis, peluruh dahak, peluruh haid, ayan, nyeri gigi, sakit kuning, sariawan, antibakteri, kanker, dan infeksi saluran kencing.

Herba dan akar digunakan untuk penyakit radang, infeksi saluran kencing, serta untuk merangsang keluarnya air seni (diureticum), untuk penyembuhan diare, busung air, blennorrhagia, infeksi saluran pencernaan, dan penyakit yang disebabkan gangguan fungsi hati. Buahnya berasa pahit digunakan untuk luka dan scabies. Akar segar digunakan untuk penyakit hati kuning. Dapat digunakan untuk penambah nafsu makan dan obat anti demam. Produk Stimuno Untuk Balita

Meniran secara ekstensif digunakan untuk penyakit hati (antihepatotoksik). Efek ekstrak air P. niruri pada hati, ginjal dan pada uji hepatotoksik CCl4 telah dipelajari. Hasil pemilihan menyatakan bahwa P. niruri mempunyai aktivitas antioksidan dan hepatoprotektif

Telah dilaporkan aktivitas ekstrak meniran sebagai antituberkulosis, sebuah uji klinis dilakukan untuk mengetahui peranan meniran terhadap kadar IFNg. Penelitian ini melibatkan 40 pasien tuberkulosis yang dibagi dalam 2 kelompok uji dan kontrol. Kelompok uji mendapat ekstrak meniran 50 mg 3 kali sehari selain terapi obat, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan plasebo. Didapatkan hasil bahwa kelompok uji mengalami peningkatan kadar IFNg yang bermakna dibandingkan kelompok kontrol.


Ekstrak Meniran Pada Stimuno

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...