Senin, 18 Mei 2020

Instagram Gunakan AI Untuk Meredam Komentar Kasar dan Bullying

Internet diibaratkan dua sisi yang berbeda. Di satu sisi bisa memberikan manfaat, sementara di sisi yang lain bisa memberikan kejelekan.


Instagram Gunakan AI


Kebebasan mengungkapkan pendapat di dunia maya melalui media sosial bisa menjadi hal yang bermanfaat jika orang-orang yang aktif di dalamnya selalu membudayakan komentar positif.

Sayangnya, sebagian orang yang aktif tidak begitu peduli dengan apa yang diungkapkan, apakah pantas atau tidak, apakah akan menyinggung orang lain atau tidak.

Cyberbulling senantiasa menjadi sebuah problem yang senatiasa ada di sosial media, termasuk yang berbasis gambar pertama seperti Instagram. 

Untuk mencegah hal ini, Instagram terus mengambil langkah pencegahan terhadap komentar intimidasi dan menyinggung pada platform mereka. Salah satunya adalah mengandalkan AI (kecerdasan buatan) untuk lebih mencegah hal itu terjadi.

Keberadaan internet tentu saja bisa menjadi hal yang sangat positif apabila digunakan dengan baik dan benar. Sebaliknya, jika salah digunakan akan menjadi hal yang negatif. 

Apalagi, saat ini orang-orang dengan mudahnya bisa mengungkapkan pendapat mereka di internet, sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukannya dengan cara menyinggung.

Fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram disebut Restrict dan ini didukung oleh AI yang akan memberi tahu orang jika komentar mereka dapat dianggap menyinggung sebelum diposting. 

Tujuannya agar pengguna instagram bisa merefleksikan dan membatalkan komentar mereka. Instagram mengatakan bahwa tes awal dari fitur ini menunjukkan bahwa hal itu mendorong orang untuk berbagi sesuatu yang kurang menyakitkan begitu mereka memiliki kesempatan untuk merefleksikan.

Banyak dari para pengguna Instagram yang enggan untuk memblokir, berhenti mengikuti atau melaporkan pengganggu mereka dikarenakan efek sampingnya berupa situasi menjadi memanas, apalagi jika mereka berinteraksi dengan orang-orang tersebut dalam kehidupan nyata. Dengan fitur ini, pengguna pada dasarnya bisa memberi peringatan jika mereka mengganggu.

Setelah seseorang dibatasi, komentar mereka yang dikiriman kepada pengguna tertentu hanya akan terlihat oleh orang tersebut. Dalam hal ini pengguna diberikan kebebasan apakah akan membuat komentar orang yang dibatasi terlihat oleh orang lain atau tidak. 

Orang yang dibatasi juga tidak dapat melihat saat pengguna aktif di Instagram atau jika pesan DM yang dikirimkan sudah dibaca. Oleh karena itu, jadilah pengguna Instagram yang bijak.


Instagram Gunakan AI 

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...