Rabu, 30 Desember 2020

Inilah 4 Penyebab Kita Sering Digigit Nyamuk

Nyamuk termasuk salah satu hewan yang berbahaya. Meskipun berukuran kecil, gigitannya bisa mematikan para korbannya. Banyak kasus kematian demam berdarah karena disebabkan oleh gigitan nyamuk. Tak hanya itu, gigitan yang ditimbulkan oleh nyamuk terkadang membuat kulit terasa gatal hingga bentol. Rumah yang kotor atau jarang dibersihkan menjadi salah satu faktor mengapa nyamuk betah menetap. 


Digigit Nyamuk


Penyebab Sering Digigit Nyamuk


Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kita juga sering digigit oleh nyamuk. Nah, untuk mengetahui penyebabnya silahkan simak 4 penyebab kita sering digigit nyamuk berikut ini.

1. Pakaian

Tahukah Anda bahwa nyamuk menyukai pakaian yang berwarna gelap? Memakai pakaian dengan warna yang gelap dapat menarik nyamuk lebih banyak pada siang hari.

Selain itu, nyamuk mampu melihat orang yang dapat digigit saat orang tersebut mengenakan pakaian merah, hitam, dan biru tua.

2. Suhu tubuh yang hangat

Orang yang memiliki suhu tubuh yang lebih hangat pada umumnya lebih menarik nyamuk dibandingkan orang-orang yang memiliki suhu tubuh yang dingin.

3. Setelah selesai berolahraga

Ketika selesai olahraga atau melakukan aktivitas tertentu, kita akan mengeluarkan asam laktat dari pori-pori kulit kita. Nah, nyamuk suka dengan aroma asam laktat. Karena itulah, nyamuk sering mendatangi orang yang berkeringat, terutama sehabis olahraga. 

Nyamuk Memang jauh lebih suka pada tubuh manusia yang berkeringat. Hal ini dikarenakan nyamuk suka dengan suhu tubuh yang hangat, serta aroma asam laktat dan ammonia dari keringat. 

Jadi, kalau tubuh Anda lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang di sekitar, berarti tubuh Anda sedang mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak dan sedang berkeringat.

4. Bakteri yang melekat di tubuh

Beberapa jenis bakteri dapat membuat kulit kita menghasilkan bau yang dapat menarik nyamuk. Selain itu, nyamuk gemar menyerang kaki karena biasanya terdapat bakteri yang dapat mengeluarkan bau kaki. 

Penelitian pada 2011 menemukan bahwa memiliki beberapa jenis bakteri dalam jumlah besar membuat kulit lebih menarik bagi nyamuk daripada kulit dengan banyak jenis bakteri. Bagian kaki biasanya memiliki koloni bakteri yang lebih kuat dibandingkan pada bagian-bagian tubuh lainnya.


Penyebab Kita Sering Digigit Nyamuk

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...