Senin, 23 Oktober 2017

Pengertian dan Perkembangan Arsitektur

Istilah arsitektur dimaknai sebagai suatu ilmu atau studi merancang bangunan. Dengan demikian, pengertian arsitektur secara umum adalah sistem mendirikan bangunan termasuk proses perancangan, konstruksi, struktur, dan juga mencakup aspek dekorasi dan keindahannya.

Istilah arsitektur berasal dari bahasa latin “architectura” yang secara etimologi berasal dari bahasa yunani kuno “arkhitekton”, yang secara harfiah berarti pembangunan utama (chief builder). Dengan demikian, pengertian arsitektur sesungguhnya tidak terbatas pada rancangan bangunan.


Pengertian Arsitektur

Perkembangan Arsitektur

Seiring berputaran waktu, pengertian arsitektur menjadi semakin luas dan kompleks, tidak hanya mencakup ilmu atau studi merancang bangunan. Kata arsitektur sering digunakan oleh disiplin ilmu lain untuk menggambarkan sebuah sistem yang kompleks.

Inti dari perkembangan arsitektur ini adalah pengembangan dari sistem statis perancangan ke arah sistem dinamis yang diterapkan melalui proses pemecahan masalah bertahap dan inovatif dalam artian tidak mengulang hal-hal yang sudah diterapkan dalam proses perancangan arsitektur pada abad sebelumnya, dengan maksud memberikan variasi dan posibilitas dalam dunia arsitektur yang lebih terintegrasi.

Arsitektur hampir selalu identik dengan aktivitas membangun (konstruksi); dan membangun berarti menambahkan sesuatu. Oleh karena itu, Ilmu arsitektur terus dikembangkan untuk kesejahteraan semua mahluk hidup. 

Ada dua komponen utama dalam arsitektur yaitu latihan (practice) dan pemikiran (reasoning). Dengan menggabung kedua kemampuan tersebut, seorang arsitek dapat menghasilkan sebuah arsitektur yang baik karena arsitektur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan alam, budaya, dan kemanusiaan (selain hal-hal teknis teknologinya). Dengan demikian, arsitek bersama arsitekturnya perlu menempatkan diri dalam konteks persoalan yang dihadapi alam, budaya, dan manusia.



Pengertian dan Perkembangan Arsitektur - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...