Rabu, 21 Agustus 2019

Tujuan Dan Manfaat Home Care

Home care merupakan pelayanan kesehatan yang berkesinabungan dan komperhensif yang diberikan kepada individu dan keluarga ditempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit. (Sumber: Pengertian Home care)


Tujuan Dan Manfaat Home Care


Tujuan Home Care 


Menurut Stanhope (1996), tujuan utama dari home care adalah mencegah terjadinya suatu penyakit dan meningkatkan kesehatan pasien. Tujuan yang paling mendasar dari pelayanan home care adalah untuk meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian, dan meminimalkan akibat dari penyakit untuk mencapai kemampuan individu secara optimal selama mungkin yang dilakukan secara komperhensif dan berkesinambungan

Menurut Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan Depertemen Kesehatan RI dalam makalahnya pada seminar nasional 2007 tentang home care:“ Bukti Kemandirian Perawat “ menyebutkan bahwa tujuan umum dari pelayanan kesehatan di rumah adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga. Secara khusus home care bertujuan untuk meningkatkan upaya promotif, prefentif, kuratif, dan rehabilitative, mengurangi frekuensi hospitalisasi, meningkatkan efisiensi waktu, biaya, tenaga, dan pikiran. 

Menurut Direktorat Bina Universitas Sumatera Utara pelayanan Keperawatan Dapertemen RI dalam makalahnya pada seminar nasional 2007 tentang Home Care:“Bukti Kemandirian Perawat” menyebutkan bahwa tujuan khusus dari pelayanan kesehatan di rumah antara lain:
  1. Terpenuhi kebutuhan dasar bagi pasien secara bio-psiko-sosio-spritual
  2. Meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam pemeliharaan dan perawatan anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan 
  3. Terpenuhi kebutuhan pelayanan keperawatan kesehatan di rumah sesuai kebutuhan pasien 

Manfaat Home Care. 


Manfaat dari pelayanan Home Care bagi pasien antara lain : 
  1. Pelayanan akan lebih sempurna, holistik dan komprenhensif. 
  2. Pelayanan lebih professional 
  3. Pelayanan keperawatan mandiri bisa diaplikasikan dengan di bawah naungan legal dan etik- keperawatan 
  4. Kebutuhan pasien akan dapat terpenuhi sehingga pasien akan lebih nyaman dan puas dengan asuhan keperawatan yang professional.

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...