Sabtu, 30 Mei 2020

6 Fakta Menarik Tentang Nyamuk

Dari sekian banyak serangga di dalam rumah yang sering beterbangan, nyamuk termasuk yang paling dibenci oleh manusia. Pasalnya, satu gigitan saja cukup mengganggu istirahat kita, disamping bahaya gatal-gatal dan semisalnya. 


Fakta Menarik Tentang Nyamuk

6 Fakta Menarik Tentang Nyamuk


Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa fakta menarik seputar nyamuk yang bisa menambah wawasan kita.

1. Nyamuk serangga yang paling banyak menimbulkan kematian

Meskipun kecil, ternyata nyamuk merupakan penyebab kematian terbanyak daripada hewan lainnya. Hal tersebut karena nyamuk membawa berbagai sumber penyakit mematikan. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk diantaranya: Malaria, demam berdarah, chikungunya, demam kuning, kaki gajah atau filariasis dan zika. Malaria sendiri menyebabkan kematian hampir 500.000 orang setiap tahunnya.

2. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah

Nyamuk betina membutuhkan darah yang didapatkan dari menghisapnya untuk mencukupi kebutuhan protein dan zat besi untuk perkembangan telur dan bereproduksi. Nyamuk jantan menghisap nektar bunga.

3. Beberapa nyamuk tidak menggigit manusia

Siapa sangka kalau ternyata jumlah nyamuk berkisar 2.700 jenis nyamuk. Tidak semuanya menghisap darah manusia, karena beberapa nyamuk hanya menghisap darah hewan tertentu. Contohnya nyamuk Culiseta melanura yang hanya mengigit burung. Demikian pula nyamuk Uranotaenia sapphirina yang diketahui hanya menggigit reptil dan amfibi.

4. Kecepatan terbang nyamuk relatif lambat

Kecepatan terbang nyamuk tergolong lambat karena rata-rata mencapai 1 sampai 1,5 mil per jam. Kecepatan ini lebih lambat dibanding kecepatan terbang serangga lainnya. Jadi jika para serangga mengadakan perlombaan balap terbang, tentu serangga lainnya mampu mengalahkan nyamuk.

5. Kepakan sayap nyamuk mencapai 300-600 per detik

Suara dengungan yang biasa kita dengarkan dari nyamuk berasal dari kepakan sayapnya yang mencapai 300-600 per detik. Hal ini tentu sudah menjelaskan kenapa suara dengungan nyamuk yang kecil ini sangat mengganggu.

6. Semua nyamuk membutuhkan air untuk bertelur

Sejumlah kecil air sangat dibutuhkan oleh nyamuk betina sebagai tempat penyimpanan telurnya. Larva nyamuk akan berkembang dengan cepat di bak mandi burung, atap, ban bekas, atau tempat tergenang lainnya. Oleh karena itu, untuk pengendalian nyamuk, genangan air yang berada di sekeliling rumah harus dibuang karena dijadikan sebagai sarang dan tempat berkembang biak.


Fakta Menarik Tentang Nyamuk

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...