Selasa, 02 Juni 2020

5 Fakta Unik Capung

Capung adalah salah satu jenis hewan yang memiliki bentuk yang indah dan menarik di mata orang-orang. Capung juga merupakan jenis serangga yang telah melalui banyak proses revolusi sehingga mereka mampu menyempurnakan kekuatan dan kemampuannya.


Fakta Unik Capung


Dibalik tubuh kecilnya dan keindahannya tersebut, capung ternyata bagian dari predator yang ganas dengan rahangnya yang tajam, penglihatannya yang hampir 360 derajat hingga mampu untuk terbang secara mundur. 

5 Fakta Unik Capung


Untuk mengetahui fakta menarik lainnya, berikut kami sajikan 5 fakta unik capung.

1. Capung mampu mencegat mangsa di udara

Capung akan menjadi monster yang menyeramkan seandainya Anda adalah serangga kecil. Mereka memburu mangsa dengan cara mencegatnya ketika sedang terbang dengan perhitungan yang cermat. Capung dapat menilai secara akurat kecepatan dan lintasan mangsa sehingga dapat menyergapnya dengan cepat dan efektif.

2. Memiliki rahang yang tajam

Selain strategi berburu yang efektif, kemampuan capung dalam mencabik-cabik mangsanya juga sangat mengesankan. Saat mangsa tertangkap, capung akan memegangnya dengan kaki-kaki mereka lalu merobek sayapnya sehingga mangsa tak bisa melarikan diri. Setelah itu capung memenggal kepala mereka dengan rahangnya yang tajam. Semua itu dilakukan capung di udara, tanpa mendarat sama sekali.

3. Capung sang jago terbang


Capung mampu terbang ke segala arah, termasuk menyamping dan mundur, bahkan terbang diam di satu titik selama lebih dari beberapa menit. Kemampuan menakjubkan inilah yang menjadi rahasia sukses mereka dalam menyergap mangsa. Selain itu, capung juga mampu terbang dengan kecepatan yang cepat dan unggul dalam hal daya tahan.

4. Memiliki penglihatan yang luar biasa

Mata capung mendominasi hampir keseluruhan kepala mereka. Mereka memiliki mata majemuk yang berisi 30.000 segi dan masing-masing memberikan informasi tentang lingkungan yang berada di sekitar capung.

5. Mampu bertahan hidup hingga 2 tahun di dalam air

Capung menaruh telur mereka di air dan ketika larva muncul, mereka hidup di dalam air hingga lebih dari 2 tahun. Bahkan di daerah-daerah tertentu, beberapa jenis capung tetap berada dalam bentuk larva hingga enam tahun. Mereka berganti kulit hingga 17 kali. Setelah itu mereka siap keluar dari air dan bertransformasi menjadi capung yang sering kita lihat di udara.


5 Fakta Unik Capung

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...