Jumat, 29 Mei 2020

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Industri kopi dalam bentuk kedai atau warung kopi akhir-akhir ini banyak dimulai oleh peminum kopi yang kemudian tertarik menjalankan hobi tersebut menjadi bisnis. Banyak pecinta kopi yang menjadikan hobi minum kopinya menjadi usaha untuk menambah penghasilan, atau bahkan kemudian sumber utama penghasilan dengan mengikuti Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi.


Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi


Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar masyarakat mengkonsumsi kopi hanya pada warung atau kedai kopi sederhana, namun seiring perubahan zaman, kedai-kedai kopi berkembang menjadi coffee shop modern. Maraknya bisnis coffee shop menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat, termasuk pelatihan barista. Masing-masing berusaha menyediakan fasilitas yang lebih baik.

Warung kopi atau kafe di Indonesia, dewasa ini telah mengubah cara masyarakat Indonesia dalam minum kopi dari sekadar rutinitas harian dalam rumah tangga dan menjamu tamu, menjadi bisnis modern yang tumbuh marak. 

Meminum kopi tidak hanya menjadi kebiasaan untuk mengurangi kantuk, tetapi menjadi gaya hidup bagi orang dewasa maupun anak muda, baik pria maupun wanita dalam aktivitas hariannya. Apalagi jika peracik kopi seorang lulusan pelatihan barista terkenal.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi


Dulu kedai kopi identik dengan warung yang kurang nyaman, tidak menarik dan suasana monoton. Kini cafe identik dengan tempat yang nyaman, suasana cozy, fasilitas lengkap seperti lounge, bar, AC, Wi-Fi, bahkan kafe dengan desain interior unik dan kombinasi fungsi yang sebelumnya tidak terkaitkan, misalnya perpustakaan atau ruang baca. Tidak aneh apabila saat ini masyarakat merasa nyaman untuk menghabiskan banyak waktu bersama kerabat di kedai kopi atau kafe.

Untuk memulai usaha pengolahan kopi, pertama-tama yang harus dipenuhi adalah memiliki passion (gairah) untuk menjalankan usaha tersebut. Yang dimaksud passion disini adalah suatu energi yang membuat Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan senang hati, tanpa paksaan bahkan dengan suka rela mengerjakannya tanpa mengharap imbalan sedikitpun. Biasanya hal tersebut muncul, karena Anda benar-benar mencintai usaha atau pekerjaannya. 

Kemudian motivasi yang diringi dengan ikut Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi akan menghasilkan sumber daya manusia merupakan unsur pokok dalam industri jasa, termasuk usaha warung kopi. 

Diantara beragam sumberdaya pokok tersebut terdapat sumber daya kunci yang esensial dan biasanya sulit tergantikan. Dalam bisnis di sektor hilir kopi, barista merupakan salah satu kunci keberhasilan. Meskipun untuk menjadi barista andal tidaklah selalu melalui sekolah kebaristaan, namun juga melalui praktik dan berbagi pengalaman yang tumbuh seiring dengan berkembangnya industri.

Seorang barista, sebelum mengasah keterampilannya dalam menyajikan kopi, perlu mengisi pengetahuan dan kenal lebih dulu dengan kopi yang menjadi titik inti dunia kebaristaan. Mulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi. Penting untuk memiliki pengetahuan cukup soal kopi terlebih dulu sebelum mengasah keterampilan.

Pengetahuan sekarang bisa didapat tidak hanya dari sekolah dan perpustakaan. Internet dan teman-teman seminat yang secara mudah dapat diakses merupakan gudang pengetahuan yang nyaris gratis. Latihan yang paling baik adalah dengan berdiskusi. Lakukan hal ini berkali-kali dan tanpa henti. Ada banyak kelas pelatihan barista yang bisa Anda pilih untuk menambah ilmu soal kopi.


Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...