Rabu, 11 November 2020

5 Hewan Yang Mengandalkan Prostetik Untuk Bertahan Hidup

Tak berbeda dengan manusia, hewan sebagai mahluk hidup terkadang mengalami kendala pula untuk bertahan di dunia ini. Hewan juga bisa sakit dan terluka layaknya manusia. 


Berbeda dengan hewan, pada umumnya manusia masih bisa berfikir untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi seperti saat terjatuh kemudian mengoleskan luka pada tubuhnya.

Namun, bagi hewan saat mereka terluka mereka bertahan hidup hanya lewat alam tanpa mengetahui hal apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh mereka. 

Beruntung, hari ini banyak orang hebat dan baik hati untuk membantu hewan-hewan tersebut. Bidang prostetik hewan kini telah berkembang pesat, sehingga banyak hewan telah tertolong.

Pengertian prostetik secara umum (dari bahasa Yunani Kuno prĂ³sthesis, "tambahan, tempelan") adalah alat buatan yang menyerupai bentuk bagian tubuh untuk menggantikan bagian tubuh tersebut yang hilang atau rusak.

Untuk mengetahui hewan apa saja yang mengandalkan prostetik untuk bertahan hidup maka silahkan simak informasi berikut.

1. Goody, penyu yang menggunakan sirip prostetik 

Goody penyu yang menggunakan sirip prostetik


Penyu tentu bergantung pada sirip besar mereka untuk berenang. Seperti yang dilaporkan CBS News, inilah yang terjadi pada Goody, penyu zaitun yang terperangkap dalam jaring ikan hingga harus kehilangan salah satu sirip depannya. Namun, para ilmuwan mampu membuatkannya sirip palsu baru, yang memungkinkannya untuk berenang lagi.

2. Mosha si gajah dengan kaki palsunya 

Mosha si gajah dengan kaki palsunya


Mosha menjadi gajah pertama di dunia dengan kaki palsu. Seiring pertumbuhannya, yayasan ini merancang versi baru dari kaki buatan untuk mendukung ukuran tubuhnya. Mereka telah membangun pabrik prostetik di fasilitas rumah sakit. Pengasuh dan dokter hewan terus mengawasi Mosha untuk memastikan dia tidak menderita cedera lebih lanjut.

3. Paruh 3D untuk elang 

Paruh 3D untuk elang


Pada 2005, seekor elang botak selamat dari perburuan tetapi dengan paruh yang parah sehingga tak tumbuh kembali. Namun, segalanya menjadi lebih baik saat pakar burung Jane Fink Cantwell dan Nate Calvin dari Kinetic Engineering Group bekerja sama dengan sekelompok ahli untuk merancang dan memproduksi paruh nilon polimer 3D yang merupakan pengganti paruh burung tersebut.

4. Girl, harimau dengan pinggul barunya 

Girl harimau dengan pinggul barunya


Menurut The Guardian, harimau yang dijuluki Girl the tiger mengganti pinggulnya yang mengalami radang sendi pada tahun 2011. Tim dokter hewan dari University of Leipzig melakukan operasi selama tiga jam menggunakan jenis prostetik sendi pinggul yang awalnya dikembangkan untuk anjing

5. Penguin dengan paruh dan kaki prostetik 

Penguin dengan paruh dan kaki prostetik


Pada tahun 2016, BBC melaporkan kasus baru. Bagpipe, si penguin Selandia Baru terjerat tali pancing yang membuatnya kehilangan kakinya. Dia menghabiskan waktu sembilan tahun, sampai Don Clucas dari University of Canterbury akhirnya dapat membuat kaki palsu baru yang dicetak 3D.


5 Hewan Yang Mengandalkan Prostetik Untuk Bertahan Hidup

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...