Jumat, 20 November 2020

5 Fakta Menarik Danau Toba yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Salah satu danau yang menarik dan terkenal di tanah air ialah danau Toba. Danau Toba sendiri terletak di Sumatera Utara. Para peneliti mengungkapkan jika danau ini merupakan danau air tawar terbesar yang berada di Asia Tenggara. 


Fakta Menarik Danau Toba
image: kanalwisata.com


Awal mula terbentuknya danau Toba disebabkan oleh erupsi besar dari Gunung Toba sekitar 74 ribu tahun silam. Kala itu, letusan dari gunung Toba menyebabkan sekitar 60% mahluk hidup di dunia. 

Fakta Menarik Danau Toba


Selain sejarah masa silamnya, danau Toba juga mempunyai 6 fakta menarik lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, yuk baca informasi berikut ini.

1. Gunung Toba telah meletus sebanyak 3 kali.

Letusan pertama terjadi sekitar 800.000 tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera sisi selatan gunung, meliputi daerah Prapat dan Porsea, Sumatera Utara. Letusan selanjutnya mempunyai kekuatan lebih kecil, terjadi 500.000 tahun lalu. 

Letusan ini membentuk kaldera di sisi utara,yaitu di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Letusan yang terakhir terjadi 74.000 tahun lalu dan menghasilkan kaldera, mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba yang sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya. 

2. Lokasi danau Toba yang rawan bencana 

Gunung Toba atau Danau Toba memang terkenal dengan lokasinya yang rawan bencana. Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang berada di tiga patahan atau tiga lempengan sekaligus. Tiga lempengan tersebut adalah Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. 

Dengan kondisi seperti ini, tidak mengherankan jika kondisi dan lokasi dari Danau Toba rawan bencana, karena lokasi di sekitar danau akan langsung merasakan aktivitas lempeng yang bergerak tersebut.

3. Pulau Samosir

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, memiliki 2 danau indah di tengahnya yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

4. Memiliki ikan khas batak

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Di tengah danau tersebut terdapat dua danau indah di tengahnya yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

5. Destinasi terkenal sejak dulu

Di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, Danau Toba merupakan destinasi yang sangat populer bagi turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika. Siapa Bilang Danau Toba Itu Jelek


Fakta Menarik Danau Toba

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...